Hal yang Harus Diperhatikan saat Menggunakan Jasa Ekspor

Sebelum mengirim barang ke negara lain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan jasa ekspor. Hal ini bertujuan agar kelak tidak ada kekeliruan sehingga barang bisa sampai ke lokasi tujuan dengan aman dan kondisinya baik tanpa kurang suatu apa pun.

Hal Penting Sebelum Melakukan Ekspor

Ketika seseorang perlu melakukan pengiriman barang ke negara lain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan jasa kirim barang. Jadi, sebelum ke tahap ini pengirim sebaiknya mempelajari informasi seperti ini lebih dulu sehingga langkah selanjutnya akan berjalan lancar.

  1. Pahami Barang Ekspor

Hal pertama yang harus pengirim barang ketahui sebelum menitipkannya ada jasa pengiriman luar negeri adalah memahami benda itu sendiri. Pemahaman ini dapat meliputi karakteristik, berat, bentuk, ukuran, hingga sifat-sifat fisik dan kimianya. Hal ini sangatlah penting untuk langkah selanjutnya.

Pengetahuan tentang barang yang akan pengirim ekspor harus jelas rinciannya. Jangan asal mengirimkan sesuatu karena nanti datanya menjadi tidak jelas. Apalagi jika berupa benda titipan, akan bahaya kalau isinya adalah barang haram seperti narkoba dan sejenisnya.

  1. Pahami Ketentuan Barang Ekspor

Dalam mengirim barang, berbagai ketentuan tentu telah ada dari setiap ekspedisi pengiriman masing-masing. Pengirim harus mengetahui dan memahaminya dengan baik. Poin ini tujuannya adalah untuk menghindari penahanan atau pembatalan setelah menyerahkan pada penyedia jasa.

Setiap ekspedisi luar negeri tentu memiliki syarat dan ketentuan khusus bagi para calon konsumen. Sebagai contoh misalnya penyedia jasa tidak melayani pengiriman untuk barang berisi cairan atau jenis lainnya. Dengan begitu, segala proses bisa berjalan dengan lancar tanpa menjadi masalah.

  1. Cari Tahu Larangan Barang Ekspor

Nah, setelah mengetahui karakteristik, bentuk, ukuran, hingga jumlah barang, selanjutnya Anda perlu mencari tahu apakah kategori seperti ini masuk ke jenis benda larangan. Hal ini biasanya berkaitan dengan ketentuan dari pihak ekspedisi sendiri atau dari negara, baik pengirim maupun penerima.

Setiap negara memiliki aturan masing-masing. Hal ini juga berlaku bagi Indonesia yang memiliki aturan khusus bagi proses ekspor dan impor. Konsumen harus mematuhi ini dan jangan sampai melanggar larangan atau menyelundupkan barang jenis khusus padahal sudah mengetahuinya.

  1. Cari Tahu Batasan Barang Ekspor

Setelah memastikan bahwa barang yang Anda kirim masuk kategori boleh untuk ekspor, langkah selanjutnya adalah mencari tahu apakah ada batasan berat, jumlah, hingga ukuran bagi pengiriman kategori ini. Tujuannya tentu juga untuk menghindari adanya masalah pada waktu mendatang.

Setiap jasa pengiriman tentu memiliki aturan masing-masing bagi para konsumennya, apalagi yang tarafnya sudah internasional. Kadang kala ada pembatasan untuk pengirim dalam mengirimkan jenis barang khusus. Jadi pelanggan harus mencari dan memahaminya lebih dulu.

  1. Memahami Adanya Bea untuk Beberapa Barang

Nah, jika sudah memahami bahwa barang yang akan Anda kirim ke luar negeri masuk kategori boleh dan tahu batasnya juga, selanjutnya adalah ketahui tentang adanya bea. Pada beberapa kiriman ekspor memang ada biaya tambahan sebagai pungutan negara.

Pengiriman barang ke luar negeri memiliki perbedaan cukup signifikan dengan lokal. Beberapa jenis kiriman seperti kayu (olahan, serpihan, hingga veneer), kulit (kulit samak, kulit jangat, hingga kulit mentah), biji kakao, dan lain sebagainya akan menghabiskan bea dengan nominal khusus.

Itu tadi adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan jasa ekspor. Cari tahu dan pahami lebih dahulu alur, syarat, dan ketentuan pengiriman sebelum menggunakan sebuah ekspedisi. Sehingga nantinya tidak akan ada kesalahan.

Tags: