Mobil Kurang Bertenaga? Cek 5 Hal Ini untuk Cari Tahu Penyebabnya!

paket kredit Xpander

Akhirnya masa tenor kredit selama 5 tahun yang Anda pilih ketika mengambil paket kredit Xpander sudah terlewati. Artinya, Anda sudah memiliki mobil kesayangan tersebut cukup lama dan mungkin sudah mulai menemukan adanya masalah pada kinerja mesin. Hal ini sangat wajar terutama jika perawatan mobil selama ini kurang diperhatikan.

Salah satunya adalah masalah berkurangnya tenaga mobil yang bisa terjadi akibat beberapa hal berikut ini:

  1. Busi bermasalah

Busi adalah komponen pengapian yang penting bagi mesin kendaraan. Kalau ada masalah pada busi, proses pengapian mesin pun jadi tidak optimal, yang berpengaruh pada performanya. Masalah pada busi juga beragam, seperti kabel yang bermasalah (kendur atau terlalu kencang), busi sudah usang karena faktor usia, atau kondisi busi yang kotor.

  1. Mesin overheat

Jika mesin melempem, tentu ada masalah langsung pada komponen yang satu ini. Biasanya, masalah pada mesin yang membuat performanya jadi kurang bertenaga adalah overheat alias kondisi mesin terlalu panas. Penyebab mesin overheat sendiri sangat berkaitan erat dengan kondisi radiator kendaraan serta thermostat. Karena itu, jika mesin mobil Anda sering kepanasan sehingga performanya kurang bertenaga, segera cek kondisi radiatornya.

  1. Masalah di filter bahan bakar

Filter atau penyaring untuk bahan bakar punya peran penting yang berkaitan juga dengan kondisi mesin. Sebab, adanya filter ini akan dapat menyaring partikel asing dari bahan bakar agar tidak masuk ke dalam tempat pembakaran dalam mesin. Jika filter bahan bakar tidak berfungsi optimal, kotoran yang masuk ke dalam mesin. Dalam jangka panjang, tumpukan kotoran tersebut akan menimbulkan masalah, yaitu penurunan performa mesin mobil.

  1. Masalah di filter udara

Tak hanya masalah pada filter bahan bakar saja, masalah pada filter udara juga berpengaruh pada performa mesin kendaraan. Filter udara sendiri berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam mesin untuk proses pembakaran. Jika filter udara kotor, aliran udara ke dalam mesin jadi tersumbat. Akibatnya, proses pembakaran jadi tidak maksimal dan mesin jadi melempem.

  1. Kualitas bahan bakar yang digunakan

Ketika Anda membeli mobil, pasti sudah disebutkan dengan jelas apa jenis bahan bakar yang diperuntukkan bagi kendaraan Anda, termasuk angka oktan minimum. Nah, beda jenis bahan bakar, beda pula angka oktannya – makin tinggi angka oktan, kualitasnya makin bagus. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda menggunakan jenis bahan bakar yang sudah ditentukan dan usahakan menggunakan yang angka oktannya tinggi.

Itulah 5 penyebab utama mengapa mesin mobil melempem alias kurang bertenaga. Semoga informasi di atas dapat memberikan manfaat untuk Anda, terutama dalam mencegah risiko mesin mobil melempem dengan memberikan perhatian ekstra untuk komponen-komponen di atas!